Jasa Arsitek Rumah

Apabila Anda memutuskan untuk menggunakan penyedia layanan jasa arsitek, Anda harus yakin bahwa mereka akan memberikan perhatian penuh kepada Anda. Untuk itu, dalam proses mendesain hingga pelaksanaan pembangunan proyek, Anda harus bisa menjaga komunikasi yang baik, seperti berikut ini:

1. Harus Paham Dulu dengan Keinginan Anda.
Langkah yang pertama adalah harus paham dulu apa yang Anda inginkan untuk mendesain rumah impian Anda. Perbanyaklah melakukan riset atau pencarian informasi tentang desain atau gaya masa kini dan juga desain yang ingin Anda terapkan. Sebelum melakukan sesuatu, Anda juga harus mempersiapkan catatan tentang ruangaan, area dan furnitur apa saja yang Anda butuhkan. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan desain dengan kebutuhan.

Ketika Anda benar-benar mengetahui ingin menerapkan desainnya yang seperti apa, maka berkonsultasilah dengan seorang arsitek agar berjalan lebih cepat dan lancar. Penyedia layanan jasa arsitek akan lebih mudah memahami apa keinginan serta kebutuhan Anda sehingga akan memunculkan ide-ide inovatif dari tim desain. Dengan begitu, proses mendesain tentu saja akan berlangsung lebih cepat dan tepat.

2. Harus Tahu Berapa Budget yang Dimiliki.
Setelah mengetahui seperti apa desain yang ingin diterapkan pada rumah Anda, ketahuilah dan tentukan biayanya. Biaya adalah hal yang sangat penting untuk itu diperhatikan karena berkaitan dengan pelaksanaan pembangunan. Apabila nantinya biaya yang dikeluarkan tidak sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya bangun rumah, maka pembangunan tidak dapat dilanjutkan atau bisa berhenti untuk sementara waktu.

Karena itu, Anda pun harus tahu seberapa biaya yang Anda miliki dan berapa biaya yang akan Anda keluarkan. Tentukan biaya yang masuk akal supaya proyek pembangunan Anda bisa tercapai dan selesai tepat waktu. Apabila biaya sudah ditentukan, seorang arsitek akan lebih mudah membuat desain dan memilih material yang nantinya akan digunakan.

3. Harus Buat Jadwal Pertemuan.
Jika Anda menggunakan jasa arsitek, perbanyaklah sesi pertemuan yang dilakukan. Pertama, akan ada perkenalan dan penjelasan kontrak dan metode pembayaran lainnya. Kedua, mungkin pada sesi konsultasi langsung dengan tim desain, dilanjutkan dengan revisi desain dan lain sebagainya.

Untuk pertemuan semacam ini memang sifatnya tidak ribet, tetapi usahakan rutin atau terjadwal. Untuk waktunya tidak perlu terlalu ketat, Anda bisa menjadwalkannya sebulan sekali, dua bulan sekali atau lainnya. Hal ini tentu bertujuan untuk proyek yang dikerjakan oleh arsitek sehingga Anda lebih tahu perkembangan proyeknya.

4. Manfaatkan Sesi Konsultasi.
Pada saat sesi konsultasi dengan tim desain atau seorang arsitek adalah moment penting yang harus Anda manfaatkan. Pada moment ini bisa dimanfaatkan untuk memberikan semua rancangan desain yang ingin Anda terapkan. Anda jangan segan untuk menanyakan berbagai macam hal yang berkaitan dengan desain, material, proses pelaksanaan, dan lain sebagainya.

Dengan adanya waktu konsultasi, Anda bisa menjalin hubungan baik dengan seorang arsitek supaya proses mendesain dan pelaksanaannya berjalan dengan lancar tanpa hambatan satupun. Selain komunikasi yang baik dan kondusif juga akan dapat memicu kinerja lebih cepat dan tepat.

5. Komunikasi Harus dengan Gambar.
Penyedia layanan jasa arsitek rumah yang berpengalaman pasti lebih tahu cara berkomunikasi dengan baik dalam konteks proyek pembangunan. Maka dari itu, yang dibicarakan saat ini adalah rancangan dalam mendesain, maka komunikasi antara seorang arsitek dengan klien akan membutuhkan media gambar.

Anda juga mempunyai hak untuk meminta seorang arsitek tersebut membawa gambar 3D atau rancangan layout pada saat pertemuan. Ini perlu dilakukan untuk menghindari kesalahpahaman antara seorang arsitek dengan Anda yang sebagai kliennya. Seperti istilah ‘No Photo, Hoax!’, jika contoh desain gambarnya tidak ada jangan mudah percaya karena belum tentu yang disampaikannya sudah dikerjakan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *